Minggu, 11 Desember 2011

kelihatannya "BIASA", tapi "LUAR BIASA"

kelihatannya "BIASA", tapi "luar biasa"


Namo Buddhaya
Namo dhammaya
Namo Sanghaya
Sabbe satta bhavantu sukhitatta.


          Akibat dari  perbuatan buruk adalah sama seperti racun yang sangat berbahaya, melakukan perbuatan buruk tidaklah berbeda  seperti kita meminum racun. karena efek buruknya pasti akan terjadi, baik pada tubuh maupun hidup kita karena minum racun itu. menyakiti makhluk lain haya berakibat dalam bentuk penderitaan dan masalah bagi  seseorang yang melakukannya. dan itu tidak dapat di hindari ataupu menolaknya.
         nasib baik,kebahagiaan,rezeki akan terjadi di dalam diri semua orang dalam kehidupan ini atau di kehidupan yang akan datang apabila akibat perbuatan buruk tidak menggapai diri kita.akibat perbuatan buruk yang pernah kita lakukan. sesungguhnya tidak selalu mecengkeram kita bila kita dapat mengimbaninya dengan melakukan yang baik. semua itu tergantung pada kekuata kebajikan yang kita lakukan.
          akan tetapi, kondisi pikiran kita sebelum tercengkeram  oleh akibat perbuatan buruk adalah sangat penting.ketika menghindarkan diri dari akibat  kamma buruk, kita di ajarkan selalu mengingat  sifat luhur dari 3 permata (triratna) dalam pikiran kita dan mebiasakan diri kita dengan keluhuran  tersebut dengan mengucapkan seperti yang tertulis di awal tadi yaitu ; Namo buddhaya, Namo dhammaya, Namo sanghaya dan jangan lupa" SABBE SATTA BHAVANTU SUKITATTA" (semoga semua makhluk hidup berbahagia). bahwa ketika akibat dari kamma buruk sedang menimpa kita, dengan mepertahankan kelukuran mulia tersebut dalam pikiran kita akan menuntun kita ke jalan yang lebih baik.
         ada  sebuah cerita ; suatu hari ada satu keluarga dan keluarga itu mempunyei satu anak yang masih kecil dan baru belajar bicara. setiap hari orang tuanya selalu mengucapkan kata NAMO BUDDHAYA dengan seringnya maka anak itu mendengar dan selalu ingat. saat anak kecil itu di ajak orang tuanya pergi ke hutan , di hutan itu si anak di tinggal sendirian untuk mencari kayu bakar. saat anak kecil itu lagi enak bermain ada seorang raksasa yang datang dan mau memakan anak kecil itu , dengan lugunya anak itu berkata pada raksasa itu dengan kata "NAMO BUDDHAYA" ketika mendengar kata itu sang raksasa lalu lari ketakutan. 
         maka dari itu kita hendaknya selalu mengingat kata-kata itu dalam hati dengan mengucapkan kata yang kelihatannya biasa itu .sebenarnya luar biasa. selalu mengucapkan nama buddha adalah hal yang baik. bila usia kita belum berakir, sakit atau kecelakaan besar atau hal yang tidak menyenankkan lainnya yang akan menghancurkan seseorang. bili hidup memang akan berakir, maka orang tersebut akan terlahir di alam yang lebih bahagia. oleh karena itu, selalu mengingat  kata kata yang kelihatannya biasa,tetapi luar biasa tadi. dengan mengucapkan; nammo buddhaya, namo dhammaya, namo sanghaya dan sabbe satta bhavantu sukitatta; semoga semua makhluk hidup berbahagia perlu menjadi suatu kebiasaan. selamat mencoba.......


          '' happy moment, hapy in dhamma"



    






Tidak ada komentar:

Posting Komentar