Jumat, 31 Agustus 2012

AWAS PENYAKIT BERBAHAYA

  
Awas!!! Penyakit Berbaha.


 
          Sudah menjadi salah satu hal yang tidak langka lagi dalam kehidupan kita. Bahwa begitu banyaknya penyakit-penyakit yang sangat berbahaya dan banyak melanda manusia pada zaman-zaman ini. Tapi sesungguhnya penyakit yang ada di badan jasmani kita tidaklah begitu berbahaya, penyakit itu masih bisa di obati oleh orang lain. 
 
          Sesungguhnya ada penyakit yang sangat berbahaya, ia berada di dalam batin kita dan tidak ada orang lain yang dapat mengobatinya, diri sendirilah yang bisa. Ada tiga (3) penyakit ganas yang ada di dalam batin kita yaitu; LOBHA, DOSA DAN MOHA. Ketiga penyakit inilah sesungguhnua yang sangat berbaha yang perlu kita hilangkan. 

LOBHA     
      
          Setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk memiliki sesuatu misalnya; keinginan untuk memiiki uang, pakeian, makanan dan lain-lain. Demikian halnya dengan orang –orang suci, tapi semua kilesa (kekotoran batin) mereka telah musnah. 

          Pengertian keinginan di atas  adalah keinginan yang sifat wajar, tidak bersifat lobha. Arti lobha yang sesungguhnya adalah keinginan memiliki sesuatu denga cara yang salah, di sertai oleh keserakahan serta menimbulkan kerugian  bagi orang lain dan juga bagi diri sendiri. 

         Lobha ini tidak di tentukan oleh besar kecilnya jumlah yang di inginkan, tapi ditentukan oleh tujuan serta dalam memiliki barang-barang tersebut.

Misalnya ; 
 seseorang yang mencari uang sebesar satu juta rupiah dengan cara yang benar bukanlah bersifat lobha, sedangkan seseorang yang mencari uang satu rupiah tapi dengan cara yang salah, maka ini di dasari oleh lobha.
      



   Demi untuk mencegah timbulnya lobha dalam diri kita, maka ajitamanava di dalam solasa panha mengajarkan kita untuk selalu’
v  Menggunakan sati.
v  Berusaha untuk tidak selalu menuruti keinginan
v  Merenungkan untung dan rugi dengan menggunakan panna.
v  Membangkitkan hiri dan ottappa.
v  Mengembangkan dhamma yang berlawanan dengan lobha, yaitu dengan beramal dan berdana.

DOSA
          Dosa adalah kebencian, yang muncul melalui citta (pikiran) biasanya hal ini timbul untuk merugikan orang lain, membuat orang lain menderita, membuat orang lain malu, susuah serta kehilangan harta. Biasanya ini muncul karena didasari oleh perasaan yang tidak senang. Dosa ini dapat di ibaratkan sebagai titik api yang menyala. Apabila tidak segera di padamkan maka akan menjadi kobaran yang lebih besar, dapat mencemari pikiran kita, mental kita, menjadikan kita sebagai pembenci bahkan bias membuat seseorang menjadi pembunuh.

Contoh;      
Seseorang yang memiliki sifat dosa adalah seseorang yang suka menembak burung pemaka padi di sawah, sedangkan orang yang gemar menembak burung untuk kepuasan dirinya merupakan cirri seorang yang memiliki sifat moha (kebodohan)  sebab penembak burunglah yang terlebih dahulu melukai burung tersebut, sedangkan burung itu tidak melakukan kesalahan apa pun.

         Apabila kita menyadari bahwa kita seorang yang suka cepat marah, maka untuk menghindari timbulnya dosa dalam diri kita adalah menjalankan panca sila serta memanjatkan cinta kasih untuk menenangkan pikiran.

MOHA
          Moha beratti kebodohan, kegelapan batin, tidak membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Moha ini dapat di ibaratka sebagai kegelapan, di mama kita tidak dapat melakukan apa pun bahkan hanya dapat berbuat kesalahan. Seseorang yang memiliki moha akan memiliki pandangan salah, suka rebut, saling menyakiti, saling membunuh. Untuk mencegah timbulnya moha dalam diri kita,  maka cara terbaik adalah dengan mengembangkan panna (kebijaksanaan). Panna dapat di capai dengan beberapa macam cara, misalnya; banyak mendengarkan, banyak membaca, dan banyak belajar. Demikian cara untuk mengembangkan kebijaksanaan dan melenyapkan kebodohan (moha).

Itulah tiga (3) penyakit manusia yang sangat berbaha LOBHA, DOSA DAN MOHA, bila mana kita tidak bias mengikisnya maka penderitaan akan selalu menyertai kehidupan kita. tapi kalo kita mampu menyembuhkannya maka kehidupan kita di masa kini dan kehidupan yang akan datang akan selalu bahagia. 


SEMOGA SEMUA MAKHLUK BERBAHAGIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar