Sabtu, 10 Desember 2011

jangan hanya mengandalkan kekuatan diri sendiri


jangan hanya mengendalakan kekuatan diri sendiri
                                      " setiap orang yang pernah saya temui,                         pasti memiliki kelebihan yang tidak saya miliki"
           suatu hari seorang bocah di ajak ibunya memberi barang di sebuah toko kelontong. melihat bocah kecil yg lucu, pemilik toko berniat untuk memberi, membuka sekaleng permen dan menawarkan kepada bocah itu. namun bocah itu hanya terdian diri saja. setelah beberapa kali menawarkan tapi tidak mendapat tanggapan dari anak itu, pemilik toko kemudian meraup segenggam permen dari dalam kaleng dan memasukan ke kantong baju bocah itu.
           setiba di rumah, sang ibu dengan rasa heran bertanya kepada bocah itu, " mengapa kamu tidak mengambil sendiri permen itu, koq menunggu pemilik toko mengambilkannya,?" bocah itu menjawab dengan lugunya jujur sungguh jujur,dengan berkata; " karena tanganku lebih kecil sedangkan tangan pemilik toko lebih besar,kalo aku yang mengambil cuma dapat sedikit. jadi kalo ia yg mengambil jauh lebih banyak,"
           bocah yg cerdas, tau kalo kemampuannya terbatas, juga tau kalo orang lain mempunyai keunggulan lebih dari pada dirinya. tau kapan harus mengandakan kekuatan dan kemampuan orang lain, begitu juga dengan diri kita, jangan mengangap remeh kelebihan orang lain, bisa jadi kelebihan orang itu, yang tidak kita miliki pada diri kita. jadi itu kesempatan kita untuk belajar dari kelebhan orang lain yang belum kita miliki, yang penting kelebihan baik dari orang lain dan kekurangan baik dari diri kita. yang penting semangat belajar    belajar dan terus belajar.

          " ini adalah paduan kebijaksanaan dan kerendahan hati"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar