Minggu, 18 Desember 2011

BALASLAH KEJAHATAN DENGAN KEBAIKAN


"Kejahatan tidak akan berakir bila di balas dengan kejahatan, kejahatan akan berakir bila di balas dengan tidak melakukan kejahatan terhadap orang yang telah melakukan kejahatan kepada kita"

           jika kita ingin menhindari musuh-musuh kita  ,maka pertama kali yang  harus kita lakukan adalah ; membunuh kemarahan yang ada di dalam diri kita yang merupakan musuh terbesar di dalam diri kita. 
       di lain pihak, jika anda menjadi bingung atau pun gelisah mendengar sesuatu dari musuh anda, maka berarti anda memenuhi harapan-harapan musuh anda dan tanpa di sadari anda akan masuk ke dalam perangkap mereka.
        kita jangan hanya berpandangan bahwa kita hanya dapat belajar sesuatu dari orang yang memuji yang menolong kita dan yang berhubungan sangat dekat dengan kita. ada banyak hal yang juga bisa kita pelajari dari msuh kita, kita tidak boleh berfikir bahwa mereka sepenuhnya salah hanya karena mereka musuh kita. mereka juga mungkin memiliki berbagai macam kebaikan tertentu.
         kita tidak akan dapat menghindari musuh-musuh kita dengan membalas kejahatan denga kejahatan. karena jika kita berbuat demikian, maka kita hanya akan mengundang lebih banyak musuh. cara yang paling baik dan tepat untuk menghadapi musuh-musuh kita adalah; dengan memancarkan cinta kasih dan kemurahan hati kita kepada mereka. anda boleh saja beranggapan bahwa ini merupakan hal yang tidak mungkin atau suatu yang bukan-bukan. namun cara ini sangat di hargai oleh orang yang  berbudaya dan bijaksana. pada waktu kita mengetahui bahwa ada orang yang sangat marah kepada kita. pertama-tama kita harus mengetahui sebab utama dari kemarahan itu, jika hal itu memeng karena kesalahan kita, maka kita wajib untuk mengikutinya dan jangan ragu-ragu untuk meminta maaf kepaanya. jika hal itu di sebabkan oleh kesalahpahaman antara kita dengan orang itu, maka kita harus berbicara dari hati ke hati denganya dan mencoba untuk menyadarkannya. jika hal itu di sebabkan oleh keirihatiaan atau perasaan emosi belaka, maka kita mencoba untuk memancarkan cinta kasih dan kemurahan hati kita kepadanya sehingga kita dapat mepengaruhinya melalui gelombang batin. 
        kita mungkin tak dapat mengerti bagemana hal tersebut bekerja, namun pengalaman dari banyak orang yang membuktikan bahwa cara itu cara yang terbaik. berakal dan termudah yang paling di puji di dalam agama buddha.tentu saja untuk melakukan  kita dapat membuat musuh kita mengerti bahwa dialah yang bersalah. di samping itu kita juga mendapatkan keuntungan dalam segala hal karena tidak bermusuhan. tenang damai di dalam hati kita. kita harus selalu mengucapkan. " semoga semua makhluk hidup berbahagia". selamat mencoba ........



"happy moment, happy in dhamma"
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar