Minggu, 18 Desember 2011

ANDALAH YANG MENCIPTAKAN SORGA DAN NERAKA DI DUNIA.




" jika anda ingin hidup damai dan bahagia, 
maka biarkan juga orang lain hidup damai dan bahagia."



         berbicara tentang sorga dan neraka. memang kebanyakan orang bila di tanya ; apakah anda kalo sudah mati pilih ke sorga atau ke neraka??? banyak orang bahkan semua orang, orang menjawab dengan tegas surga ...!!!,. ya bila anda ingin ke surga maka apa yang harus anda lakukan dan apa yang harus anda tidak lakukan. semua itu ada di dalam diri anda sendiri. maka sesuai sengan judul di atas " andalah yang menciptakan sorga dan neraka di dunia" itu sangat lah jelas sekali bahwa andalah yang berhak menetukan sorga dan neraka bagi diri anda sesuai dengan apa yang anda lakukan. 
        jika anda ingin hidup damai,banyak rezeki sukses dan bahagia di dunia ini,  maka biarkan juga orang lain merasakan hidup dengan damai,banyak rezeki sukses dan damai. sehingga anda dapat mempunyai suatu kehidupan yang damai dan bahagia di dunia ini . jika anda tidak memberikan kesempatan orang lain seperti yang anda inginkan, anda tidak akan mendapatkan suatu kedamean dan kebahagiaan di dunia ini. sautu kedamean dan kebahagiaan dalam kehidupan ini tidak bisa diperoleh dengan haya berdoa atau bersebahyang saja. jika anda berbuat menurut prinsip-prinsip moral atu sesuai jalan dhamma, kebenaran, maka anda akan menciptakan sorga di sini, di dunia ini, bagi anda sendiri.
         jika tidak, maka anda akan melihat penderitaan neraka di dunia ini bagi anda sendiri juga. karena anda tidak mengerti hidup sesuai jalan dhamma atau hukum alam, kebenaran. maka sewajarnyalah jika kita selalu mengeluh bila kesulitan atau penderitaan menghadang kita. jika setiap orang mencoba untuk mengatur dirinya tanpa menyakiti dan menkritik orang lain , maka kita dapat menikmati sorga nyata yang melebihi sorga yang di anggap orang banyak yang katanya; di luar alam bangka sana. 
          sesungguhnya tidak usah mendambakan sorga di tempat lain sebagai hadiah kebaikan ataupun neraka untuk menhukum si jahat; kebaikan dan kejahatan memiliki reaksi yang tidak terrelakan di dunia ini, yang paling penting dalam hal ini adalah keyakinan kita dan perbuatan kta.dengan demikian maka anda dapat mensejahterakan diri anda dan orang lain.
         dewasa ini masyarakat berkembang sampai ke tingkat demikian, disebabkan penertiaan da keselarasan dari orang -orang yang memiliki rasa simpati dan toleransi pada kemajuan dan kebahagian orang lain.  sekarang anda dapat menyadari mengapa  anda harus mengalami kesulitan atau penderitaan. di lain pihak anda harus mengerti bahwa dengan menolong orang lain secara moral, itu sama seperti anda menolong diri anda sendiri , dan menolong diri anda sendiri secara moral (dari segi kesusilaan) mak berarti anda juga menolong orang lain. 

" kita hidup, berkerja dan bermimpi.
masing-masing memiliki rencana sendiri.
kadang-kadang kita tertawa.
kadang-kadang kita menangis.
dan demikian hari demi hari berlalu."



"happy moment, happy in dhamma"
                 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar