Minggu, 19 Februari 2012

Meningkatkan rasa syukur

 

 
          Realitas yang kita hadapi memang sering kali tidak sesuai dengan harapan kita. Masih banyak keinginan yang belum terwujud dalam kenyataan. Kenyataan kidup kita lebih sering memancing seseorang mengeluh daripada bersyukur. Saya mempunyai sebuah cerita .

Di ceritakan seorang pengemis yang buta, ia memegang papan kecil, “ saya buta, tolong batulah!.”  Sepenggal kata yang tertulis di papan tersebut, sayangnya banyak olang yang berlalu-lalang di depannya, sangat sedikit sekali orang yang mengasihinya.

Seorang pemuda memandangnya dengan penuh rasa iba, lalu berinisiatif untuk mengganti tulisan di papan tulis tersebut. Tak lama kemudian,  setiap orang yang lewat pasti member uang kepada pengemis itu.  Sungguh dasyat kekuatan kalimat yang di tulis pemuda itu, sehingga membuat banyak orang tersentuh.  “ hari ini sangat indah sekali, tapi sayang tidak bias lihat,”  itulah kalimat yang di tulis si pemuda dengan rasa syukur.

Dari kisah tersebut saya ingin mengatakan bahwa sikap dan kata-kata yang muncul dari rasa syukur akan berbeda. Sikap dan kata-kata itu akan terlihat lebih indah,  lebih menyentuh dan lebih dasyat kekuatannya. Itulah mengapa kita harus membiasakan diri untuk selalu bersyukur atas apa yang telah kita miliki saat ini.

Bersyukur berarti berterima kasih atas apa yang telah kita dapatka saat ini, kalopun harus menerima problem dalam bentuk kesulitan, orang yang penuh rasa syukur akan meperhatikan orang yang lebih sulit dari pada mereka. Pada saat itulah kita merasakan sesuatu keberuntungan  dan merasa lebih beruntung.

Contohnya, cobalah anda bandingkan kehidupan anda dengan kehidupan burung yang setiap pagi terbang meninggalkan sarangnya untuk mencari makan.  Hari ini burung pulang dengan perut kenyang, esok mungkin ia kembali dengan perut agak kenyang. Tapi jarang sehariaan tidak mendapatkan makanan dan kembali pulang dengan kadaan perut kosong. Tetapi ia tidak pernah malas dan mengeluh, meskipun setiap hari hidupnya tidak menentu, penuh tantangan bahkan ancaman.

Bersyukur adalah kata yang paling mudah dan sederhana untuk mencapai suatu kebahagiaan.  Cobalah renungkan apa yang telh anda rasakan hari ini. Contohnya sampai  saat ini anda bias bernafas dengan baik tidak sesak nafas, bias melihat dengan jelas tidak rabun dan katarak, dapat melangkah dengan baik tidak terseok-seok, dan lain sebagenya. Di hati yang paling dalam, kita pasti mampu menyadari semua yang kita peroleh di setiap detak jantung kita.  Hitunglah sudah ada berapa banyak kenikmatan yang anda dapatkan dalam satu minggu, satu bulan, satu tahun, atau sepanjang hidup anda? Jumlahnya pasti sangat banyak.

Cobalah untuk meningkatkan rasa syukur, hal ini akan turut meningkatkan optimism.  Semangat kita juga akan terpacu untuk mengagunakan kesempatan yang masih kita miliki untuk melakukan berbagai aktifitas misalnya; meningkatkan kwalitas kesehatan, keuangan social, spiritual dan lain sebagenya.

Semakin banyak kita bersyukur, kita akan semakin mudah mencitakan perubahan yang lauar biasa.  Hidup lebih tenang , perasaan lebih peka, penampilan lebih segar dan menyenangakan serta hidup lebih sukses dan bahagia. Meskipun kenyataan yang kia terima tidak sempurna yang kita inginkan, jangan pernah mengeluh dan jangan pernah mengurangi rasa bersyukur.   the more yau express gratitude for what yau have, the more yau will have to express gratitude for.”  “ semakin anda mengungkapkan rasa syukur atas semua yang anda miliki, anda harus merasa lebih bersyukur.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar