Sabtu, 21 April 2012

Buanglah Kebenciaanmu !!!



Buanglah kebenciaanmu !!!





            Seorang Ibu Guru taman kanak-kanak ( TK ) mengadakan “permainan”. Ibu Guru menyuruh anak tiap-tiap muridnya membawa kantong plastik transparan 1 buah dan kentang. Masing-masing kentang tersebut diberi nama berdasarkan nama orang yang dibenci, sehingga jumlah kentangnya tidak ditentukan berapa… tergantung jumlah orang-orang yang dibenci.


         Pada hari yang disepakati masing-masing murid membawa kentang dalam kantong plastik. Ada yang berjumlah 2, ada yang 3 bahkan ada yang 5. Seperti perintah guru mereka tiap-tiap kentang di beri nama sesuai nama orang yang dibenci. Murid-murid harus membawa kantong plastik berisi kentang tersebut kemana saja mereka pergi, bahkan ke toilet sekalipun, selama 1 minggu.


      Hari berganti hari, kentang-kentang pun mulai membusuk, murid-murid mulai mengeluh, apalagi yang membawa 5 buah kentang, selain berat baunya juga tidak sedap. Setelah 1 minggu murid-murid TK tersebut merasa lega karena penderitaan mereka akan segera berakhir.


         Ibu Guru : ” Bagaimana rasanya membawa kentang selama 1 minggu ?” Keluarlah keluhan dari murid-murid TK tersebut, pada umumnya mereka tidak merasa nyaman harus membawa kentang-kentang busuk tersebut ke manapun mereka pergi.


         Guru pun menjelaskan apa arti dari ” permainan ” yang mereka lakukan. Ibu Guru : ” Seperti itulah kebencian yang selalu kita bawa-bawa apabila kita tidak bisa memaafkan orang lain. Sungguh sangat tidak menyenangkan membawa kentang busuk kemana pun kita pergi. Itu hanya satu minggu. Bagaimana jika kita membawa kebencian itu seumur hidup? Alangkah tidak nyamannya …”


             Sebuah kisah yang mungkin sering kita dengar dengan berbagai judul atau pembawaan yang berbeda-beda, tapi selalu memiliki esensi yang sama. Jika anak-anak saja bisa, lalu mengapa kita tidak bisa… So maafin saya ya sob, jika ada hal-hal yang tidak berkenang. Mungkin anda yang mempunyai musuh anda harus member cinta kasih pada mereka maka anda dan musuh anda akan menjadi sahabat,,,,,


”kalo anda ingin bahagia maka berilah kesempatan orang lain bahagia…ok?”.

 “kebencian tidak akan berakir bial dibalas dengan kebencian, kebencian akan berakir bila dib alas dengan tidak membenci atau dengan cinta kasih”.

“buatlah keputusan dengan kata hati... nikmatilah kehidupan dengan rasa syukur... hadapilah persoalan dengan keikhlasan ... jadikan kejujuran dan kesabaran sebagai pegangan untuk berpijak... lewati hari dengan senyum terindah... tak ada yang abadi semua hanyalah ilusi... tak ada yang sempurna jadikanlah apa adanya diri kita...”. 


 semoga semua makhluk turut berbahagia……


Tidak ada komentar:

Posting Komentar