Rabu, 16 November 2011

BERDANA

 Berdana
oleh; samanera dhira punno

" mereka yang memiliki kasih sejati saling berbagi,
mereka selalu bahagia hidupnya indah dan bermakna . "


 
           berdana adalah langkah pertama bagi seseorang untuk melakukan kebaikan. hal ini karena berdana dapat di lakukan semua orangtanpa kecuali asalkan ada kemauan.berdana dapat di lakukan dengan beberapa cara.
         yang pertama adalah berdana dengan barang-barang lahiriah, seperti berdana uang, barang,makanan, pakean dan sebagenya. 
     yang ke dua adalah berdana dengan memberi ketenangan dan kedamean yaitu misalnya dengan memberikan nasehat atau dukungan moral kepada mereka yang sedang menderita kesusahan. 
     yamg ke tiga adalah berdana dhamma, yang merupakan dana tertinggi. apabila seseorang dapat memberikan penerangan dhamma sehingga orang yang tidak mengerti dhamma menjadi mengerti dhamma dan menjadi bahagia, maka itu merupakan dana yang tiada ternilai. 
       berdana akan memberikan kebahagian kepada si pemberi dana,baik sebelum atau pada saat bahkan pada setelah memberi dana.
         dengan berdana seseorang pun akan dapat mengurangi sifat mementingkan diri sendiri yang melekat pada dirinya. sebagai suatu perbuatan baik, maka menurut hukum kamma berdana materi akan memberikan buah yang menyenangkan di kemudian hari seperti memiliki kekayaan yang melimpah. 
          oleh karena itu umat buddha selalu di ajarkan untu , baik kepada vihara, sangha, sanak keluarganya.serta kepada orang-orang yang membutuhkan.  juga berdana untuk pendidikan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar